Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Sidorejo

Selasa (9/10) Panitia Pemilihan Kepala Desa, Desa Sidorejo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan periode 2019-2025 melaksanakan pengundian nomor urut Calon Kepala Desa, yang dihadiri oleh Calon Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, RW, perwakilan dari RT, LPMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama  dan beberapa pendukung dari masing-masing calon Kepala Desa.

Pengundian nomor urut calon Kepala Desa dilaksanakan Panitia PILKADES di Sekretariat Panitia PILKADES Desa Sidorejo di Pendopo Kantor Desa Sidorejo. Hari ini adalah Tahapan Pengundian nomor urut calon Kepala Desa.

Di bawah ini adalah sebagian penjelasan dari Darto selaku Ketua Panitia PILKADES :

  1. “Berdasarkan Berita Acara Panitia Pemilihan Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Pulokulon¬† Nomor : 11 /BA.Pan.Pilkades/IX/2018 tanggal Delapan Bulan September Tahun 2018 tentang Hasil Penelitian Berkas Persyaratan Bakal Calon Kepala Desa Sidorejo

Kecamatan Pulokulon, dan s/d Penetapan Calon Kepala Desa Sidorejo tgl 8 okt 2018 tidak ada masukan, keberatan Bakal calon yang lolos Administrasi.terhadap 4 Bakal Calon Kepala Desa Sidorejo.

  1. Penetapan dan Undian Nomor Urut Calon Kepala Desa
    1. Setelah menetapkan Calon yang berhak dipilih, Panitia Pemilihan mengadakan rapat untuk melakukan undian nomor urut calon Kepala Desa dengan dilengkapi Berita Acara.
    2. Tata cara undian nomor urut calon adalah sebagai berikut :
      • Disiapkan potongan kertas dengan ukuran 5 x 5 cm dan potongan sedotan plastik dengan panjang 5 cm.
      • Potongan kertas undian selanjutnya digulung/dilinting dan dimasukkan pada potongan sedotan plastik yang disediakan sejumlah Calon yang ada.
      • Undian nomor urut calon dilaksanakan 2 (dua) kali, yaitu pertama untuk menentukan urutan pengambilan undian dan yang kedua untuk menentukan nomor urut calon.
    3. Calon yang tidak hadir dalam undian nomor urut calon dianggap telah mengikuti kesepakatan dalam undian.
    4. Hasil undian nomor urut calon diumumkan kepada masyarakat di tempat umum.
    5. Calon Kepala Desa yang telah ditetapkan, dilarang mengundurkan diri. Dalam hal mundur, maka dikenakan denda Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah), kecuali karena berhalangan tetap seperti meninggal dunia.
    6. Calon Kepala Desa wajib menunjuk Saksi disertai dengan Surat Kuasa sesuai ketentuan yang berlaku.”
No. NAMA CALON HASIL NO URUT

CALON KEPALA DESA

KET
1 KUSNI, S.Pd.

3

 
2 SUPRAPTO

4

 
3 JOKO WALUYO

2

 
4 HERU SUPRANTO

1

 
       
  1. Setelah penetapan calon, maka yang bersangkutan hanya diperkenankan memasang tanda gambar, sebagai berikut :
    • Sebelum tanggal 20 Oktober 2018 di rumah calon yang bersangkutan bertempat tinggal;
    • Setelah tanggal 20 Oktober 2018 di tempat yang telah ditentukan oleh Panitia, dengan bentuk, ukuran dan pemasangan yang dikoordinasikan oleh Panitia atas kesepakatan para Calon.
    1. Apabila pada waktu mencalonkan diri, tidak menempati rumah milik sendiri, maka calon yang bersangkutan dalam kampanye harus menunjukkan surat pernyataan setuju atau tidak keberatan dari pemilik rumah, digunakan sebagai tempat tinggal sementara dan tempat untuk kampanye.
    2. 3 (tiga) hari sebelum kampanye dilaksanakan, masing-masing Calon Kepala Desa berkewajiban menyerahkan program kerja kepada Panitia dengan dilampiri surat pernyataan penempatan/penunjukan tempat/rumah sebagai tempat tinggal tetap/sementara yang nantinya akan digunakan untuk kampanye.
    3. Panitia dapat mengambil dan/atau menurunkan tanda gambar yang telah dipasang oleh para Calon di luar ketentuan waktu kampanye.

Acara ini dimulai pukul 10.00 WIB – pukul 12.00 WIB yang sebelumnya di buka oleh Huri (45) Plt. Kepala Desa Sidorejo. Ketua Panitia PILKADES Desa Sidorejo adalah Darto (46) yang memberi pengarahan agar pelaksanaan proses Pemilihan Kepala Desa Sidorejo ini berlangsung dengan damai. Siapapun yang jadi Kepala Desa nanti adalah hasil pilihan rakyat yang akan melanjutkan kepemimpinan di Desa Sidorejo periode tahun 2019-2025.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *