Dalam rangka peningkatan pemahaman Sumber Daya Manusia, DP3A Kab Grobogan Bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sidorejo menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi tentang Pencegahan Pernikahan Usia Dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin 18 Oktober 2021.                             Seperti yang diketahui bahwa meningkatnya Pernikahan Usia Dini di masa Pandemi ini ditengarai terjadi akibat permasalahan ekonomi, perubahan pola hidup dimana masyarakat yang harus bekerja dari rumah, anak-anak bersekolah dari rumah dan tidak dapat bepergian maupun beraktivitas secara bebas sebagaimana biasa dilakukan sebelum masa Pandemi.
Hal tersebut terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, ekonomi dan sosial. Situasi perekonomian orang tua yang semakin sulit,  memberi dampak turunnya kualitas dan kuantitas kepengasuhan anak. Sehingga dalam keseharianya, anak kurang mendapatkan pengawasan yang memadai. Maka hal tersebutlah yang membuat anak jadi rentan terhadap paparan hal-hal negatif, semacam pergaulan bebas, pornografi, kecanduan game dan internet.
Selain faktor ekonomi dan sosial, penyebab lainnya yang dapat mendorong peningkatan pernikahan usia dini yaitu adanya celah aturan dan budaya yang memungkinkan diperbolehkannya pernikahan dini.
Harapan dari kegiatan tersebut dapat menambah wawasan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi anak jika menjadi ibu. Lalu tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk menekankan peningkatan angka pernikahan usia dini di Desa Sidorejo. Dan agar tidak menimbulakan permaslahan baru yang lebih pelik apabila tidak ada tindakan/upaya pencegahan.